JPNM : Jurnal Pustaka Nusantara Multidisiplin
Vol. 3 No. 1 (2025): February : Jurnal Pustaka Nusantara Multidisiplin

Analisis Al-Madzhab Al-Kalami dan Husn Al-Ta’lil dalam Surah An-Naba’ Ayat 6 dan 7 dalam Penjelasan dan Penegasan Makna dengan Keindahan Bahasa

Zayuda, Dafa Nur Abtia (Unknown)
Aini, Nur (Unknown)
Anwar, Syuhaila (Unknown)
Al-Rasyid, Harun (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini membahas salah satu bagian dari ilmu badi’ yaitu muhsinat al- ma’nawiyah yang bertujuan untuk mengetauhi keindahan makna yang terkandung dalam Al-Qur’an surah An-Naba’ ayat 6 dan 7 dengan menganalisis Al-Madzhab Al-Kalami dan Husn Al-Ta’lil pada ayat tersebut. Metode pada penelitian ini ialah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka atau library research, dengan menggali berbagai literatur terkait dalam konteks ilmu badi' dan tafsir Al-Qur'an. Sumber-sumber yang digunakan mencakup kitab-kitab atau buku klasik yang berkaitan dengan ilmu badi', serta beberapa jurnal ilmiah modern yang membahas konsep Al-Madzhab Al-Kalami dan Husn Al-Ta’lil dalam Al-Qur'an surah An-Naba' ayat 6 dan 7. Al-Madzhab Al-Kalami dan Husn Al-Ta’lil merupakan suatu makna yang logis dan mengandung keindahan. Analisis Al-Madzhab Al-Kalami dan Husn Al-Ta’lil dalam Al-Qur’an surah An-naba’ ayat 6 dan 7 terdapat pada lafadz mihād yang merupakan madzhab al-kalami dan awtād merupakan husn al-ta’lil yang secara logis dapat di artikan bahwasanya Allah swt telah menciptakan alam semesta yang teratur. Bumi dan gunung diciptakan dengan perencanaan bukan secara kebetulan. Dalam konteks keindahannya disebutkan dengan bumi adalah sebuah hamparan dan gunung adalah sebuah pasak dengan maksud bahwasanya alam semesta diciptakan untuk saling menyeimbangkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpnm

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

JPNM: Jurnal Pustaka Nusantara Multidisiplin is an open access journal, and a peer-reviewed journal. Our main goal is to disseminate current and original articles from academics, researchers and practitioners in the fields of Humanities and social sciences, Contemporary political science, Education ...