Penerapan teori pembelajaran bermakna Ausubel pada materi pertidaksamaan kuadrat menekankan pentingnya pengaitan pengetahuan baru dengan struktur kognitif yang sudah dimiliki siswa untuk memperkuat pemahaman konsep. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji literatur terkait efektivitas penerapan teori belajar bermakna Ausubel dalam membantu siswa mempelajari pertidaksamaan secara lebih mendalam, serta dampaknya terhadap motivasi dan minat siswa. Dengan menggunakan metode kajian literatur, penelitian ini menganalisis berbagai sumber untuk mengevaluasi hasil belajar siswa sebelum dan setelah penerapan pembelajaran bermakna Ausubel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan berbasis teori Ausubel efektif untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar, terutama dalam topik matematika yang membutuhkan pemahaman konseptual mendalam. Strategi ini memudahkan siswa memahami materi secara komprehensif dan menyelesaikan soal secara mandiri. Penerapan pembelajaran bermakna juga berdampak positif pada motivasi belajar siswa, menjadikan proses pembelajaran lebih relevan dan bermakna. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap literatur strategi pembelajaran inovatif serta panduan praktis bagi guru dalam mengoptimalkan pengajaran matematika pada materi yang lebih kompleks.
Copyrights © 2025