Permasalahan yang dihadapi terutama pada peserta didik kelas I yang lebih senang bermain kegiatan kegiatan pembelajaran berlangsung sehingga peserta didik berkesulitan berkonsentrasi dan kurangnya penggunaan media membuat peserta didik merasa cepat bosan saat belajar membaca sehingga kurangnya keterampilan membaca permulaan pada peserta didik kelas 1¸ untuk itu salah satu cara yang dilakukan dalam pembelajaran keterampilan membaca permulaan di perlukannya sebuah media agar belajar membaca permulaan berjalan dengan efektif dan menyenangkan. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pop up book yang layak, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode Reseach and Development (R&D) atau penelitian dan pengembangan yang dikembangkan dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu, Analyze, Design, Development¸ plementation, and Evalute. Pada penelitian ini peneliti menggunakan tiga tahapan saja yaitu Analyze, Design, Development dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya untuk penelitian dan pengembangan. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini berdasarkan ahli media memperoleh sebesar 75% dikategorikan “Layak”. Ahli materi memperoleh 80% dikategorikan “Layak”. Ahli bahasa memperoleh sebesar 88% dikategorikan “Sangat Layak”. Hasil kepraktisan dari angket respons siswa mendapatkan sebesar 89,06% dikategorikan “Sangat Praktis”. Hasil dari keefektifan sebesar 87,5% dikategorikan efektif menurut KKM yang telah ditetapkan adalah 60.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024