Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Smart Box yang layak, praktis dan efektif untuk menumbuhkan keaktifan siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila pada kelas IV Sekolah Dasar. Observasi awal menunjukkan bahwa media pembelajaran tradisional seperti papan tulis dan buku gambar serta metode ceramah tidak efektif menarik perhatian siswa, yang mengakibatkan kurangnya fokus, ketertarikan, dan partisipasi aktif dalam pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan ini, media Smart Box dikembangkan dengan fitur menarik dan interaktif yang dirancang untuk merangsang keterlibatan siswa. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang meliputi lima langkah: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pada pengembangan ini menggunakan tiga taapan saja yaitu Analyze, design dan development dikarenakan kurangnya waktu dan biaya untuk penelitian dan pengembangan. Validasi ahli media dan materi menunjukkan bahwa media ini layak dan sangat layak digunakan dengan skor masing-masing 84% dan 100%. Kajian kepraktisan menunjukkan bahwa media Smart Box dinilai sangat praktis dengan skor 93%. Kajian keefektifan, berdasarkan observasi keaktifan siswa, menunjukkan peningkatan signifikan dengan N-gain sebesar 0,64 yang menunjukkan kategori "sedang". Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa media pembelajaran Smart Box efektif dalam menumbuhkan keaktifan siswa di kelas IV dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila.
Copyrights © 2024