Penulisan karya ilmiah merupakan upaya penting untuk meningkatkan kemampuan guru dan menjadi syarat utama bagi kenaikan jenjang karir guru di Indonesia, sesuai dengan PP Nomor 74 tahun 2008. Namun, terdapat kendala bagi banyak guru dalam menuangkan hasil penelitian mereka ke dalam artikel ilmiah. Faktor-faktor seperti kurangnya kebiasaan menulis, ketidakpahaman tentang konsep penulisan, minimnya motivasi, keterbatasan waktu, dan kurangnya referensi membuat guru kesulitan dalam menulis artikel ilmiah. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menguatkan kompetensi guru bahasa di SMA dalam menulis artikel ilmiah yang siap publikasi. Melalui metode pelatihan exploratory mixed methods, kegiatan ini memandu guru dalam mengembangkan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menjadi artikel ilmiah. Data yang dikumpulkan meliputi tahap pra-pelatihan, pelatihan, dan pasca-pelatihan, dengan kegiatan dilaksanakan secara daring untuk mengakomodasi guru dari berbagai wilayah di Jawa Barat. Hasil pra-pelatihan menunjukkan bahwa sebagian besar guru belum berpengalaman dalam mempublikasikan artikel. Sesi pelatihan berfokus pada penulisan artikel ilmiah dan melibatkan diskusi aktif tentang penelitian PTK dan tantangan dalam menulis laporan penelitian. Kendala utama yang dihadapi adalah terkait dengan referensi. Setelah pelatihan, guru berhasil menghasilkan draf artikel ilmiah dengan pendampingan dosen. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa pelatihan ini efektif dalam meningkatkan kompetensi guru bahasa SMA untuk menulis artikel ilmiah berbasis penelitian PTK.Writing scientific papers is an important effort to enhance teachers' capabilities and is a primary requirement for career advancement in Indonesia, as per Government Regulation No. 74 of 2008. However, many teachers face challenges in translating their research findings into scientific articles. Factors such as infrequent writing habits, lack of understanding of writing concepts, limited motivation, time constraints, and a shortage of references hinder teachers in scientific article writing. This community service activity aims to strengthen the competencies of high school language teachers in writing publishable scientific articles. Through exploratory mixed methods training, this activity guides teachers in developing their Classroom Action Research (CAR) findings into scientific articles. Data collected includes pre-training, training, and post-training phases, with activities conducted online to accommodate teachers from various regions in West Java. Pre-training results show that most teachers lack experience in publishing articles. The training sessions, focusing on scientific article writing, involved active discussions about CAR research and challenges in research report writing. The main obstacle faced was related to references. Post-training, teachers successfully produced drafts of scientific articles with faculty guidance. These results indicate that the training effectively improves the competencies of high school language teachers in writing scientific articles based on CAR research findings.
Copyrights © 2024