Mejuajua
Vol. 4 No. 2 (2024): Desember 2024

PENDAMPINGAN PELAKU UMKM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN MELALUI LITERASI DIGITAL MARKETING, PERIZINAN DAN LABEL HALAL DI KOTA PADANGSIDIMPUAN

Sari, Erlina (Unknown)
Harahap, Fitriani (Unknown)
Siregar, Rosniati (Unknown)
Mahmud Siregar, Hendra (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan yang sangat penting dalam ekonomi bangsa, terutama pada masyarakat ekonomi bawah. Namun, pelaku usaha UMKM seringkali menghadapi tantangan dalam menjalankan usahanya, utamanya dalam hal produksi, manajemen usaha dan pemasaran produk. Dengan demikian, dilakukan pendampingan kelompok Usaha Dalihan Natolu (UDANA) oleh Pelaksana pengabdian kepada masyarakat Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS) yang berlokasi di Kelurahan Hanopan Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Kota Padangsidimpuan untuk meningkatkan produksi dengan menyediakan alat-alat teknologi, memperbaiki manajemen usaha melalui pelatihan perijinan dan label halal. Selanjutnya, meningkatkan kemampuan pelaku usaha di bidang pemasaran melalui literasi digital marketing. Hasil dari pelaksanaan pengabdian ini menunjukkan peningkatan produksi, kualitas produk, dan kepercayaan pelanggan yang berdampak langsung pada meningkatnya omset usaha. Pendampingan yang berkelanjutan juga tidak kalah penting untuk terus dilakukan agar para pelaku UMKM semakin berkembang serta mampu menyelesaikan permasalah yang dihadapi untuk masa yang panjang

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mejuajua

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Other

Description

Health, welfare based on local wisdom, design and application of appropriate technology, the application of effective communication and learning methods and related ...