Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Negeri 4 Sintang. Teknologi memberikan dampak yang positif bagi dunia pendidikan serta mempermudah guru dan peserta didik dalam mengakses informasi dari berbagai sumber dan dapat memberikan kemudahan bagi guru pada saat mengajar, oleh karena itu guru dituntut untuk menjadi guru yang inovatif, adaptif dan kreatif serta mampu membawa suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan Metode penelitian eksperimen dan bentuk penelitian yang digunakan adalah quasi experimental desain. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Sintang, sedangkan sampel penelitian adalah kelas XA dan kelas XD. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis serta uji indek gain hake. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Z dengan ? = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan nilai Zhitung > Ztabel sebesar 2,66 > 1,96 maka Ho ditolak dan Ha, artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada pengukuran akhir (postest) pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji indeks gain hake pretest dan postest kelas eksperimen, yaitu 0,38 dengan kategori sedang dan uji indeks gain hake pretest dan postest kelas kontrol, yaitu 0,28 dengan kategori kurang. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis game edukasi quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 4 Sintang tahun pelajaran 2023/2024. Kata kunci: Media Pembelajaran, Quizizz, Hasil Belajar, Ekonomi.
Copyrights © 2024