Jurnal Peduli Masyarakat
Vol 6 No 4 (2024): Jurnal Peduli Masyarakat: Desember 2024

Hubungan Status Gizi dengan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar

Subagio, Rafifah Fikriyana Nabila (Unknown)
Simamora, Rotua Suriany (Unknown)
Indrawati, Lina (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2024

Abstract

Indonesia kini menjadi negara terbesar di dunia menghadapi beban ganda yang berat di malnutrisi yaitu status gizi dengan kekurangan dan kelebihan gizi. Gizi merupakan unsur penting bagi partisipasi siswa dalam proses pembelajaran di sekolah dapat meningkatkan kemampuan intelektual dan kemampuan otak juga dapat meningkatkan pertumbuhan jasmani dan perkembangan rohani siswa. Prestasi belajar merupakan hasil pengukuran siswa yang meliputi faktor kognitif, efektif dan psikomotorik setelah mengikuti proses pembelajaran yang diukur dengan menggunakan instrumen tes atau instrumen yang relevan. Terganggunya perkembangan otak sangat mempengaruhi kemampuan prestasi Belajar di sekolah, produktivitas dan kreativitas di usia-usia produktif. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian analitik cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa - siswi kelas 2,3,4,5,dan 6 SD Islam Cikiwul Tahun 2024 berjumlah 139 orang. Teknik pengambilan data dengan menggunakan jenis stratified random sampling. Didapatkan bahwa dengan tingkat signifikan 95% atau α 5% (0,05) hasil uji statistik menggunakan uji chi-square diperoleh nilai p value 0,031 lebih kecil dibandingkan nilai signifikansi 5% (0,031 < 0,05). Hal ini menunjukan bahwa H0 ditolak. Terdapat hubungan status gizi dengan prestasi belajar anak sekolah dasar di SD Islam Cikiwul Tahun 2024.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Education Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Medicine & Pharmacology Other

Description

JURNAL PEDULI MASYARAKAT merupakan jurnal pengabdian masyarakat yang diterbitkan oleh Global Health Science Group pada volume 1 nomor 1 November 2019 dengan p-ISSN 2715-6524 dan e-ISSN 2721-9747 Jurnal ini menerima manuskrip yang berfokus pada kegiatan yang ada di masyarakat baik dalam bidang ...