Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Matematika
Vol. 1 No. 4 (2024): Desember : Katalis Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Matematika

Peran Kerjasama Orang Tua dan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi BelaJar Siswa Kelas I SDIT Nabawi Caringin

Alfian Khadafi (Unknown)
Siti Qamariyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2024

Abstract

Abstract. It is not appropriate for a transfer education to be totally devoted to a teacher. Especially a matter of student's learning motivation which also needs attention. The lack of motivational attention keeps students from discovering their maximum potential. In this study will be concerned about the increased motivational efforts of students at one school. As for the research methods used on this research are qualitative research methods, exactly field research. With the accumulative data collection techniques, observation and documentation, and the miles and hubberman techniques as data analysis techniques, with procedure 1) data reduction, 3) data presentation and 4) data verification, and with data check 1) credibility, 2) accessibility and 3). Research shows that 1) the state of the cooperation of parents and teachers is very good, 2) the teacher's efforts increase the motivation for learning by implementing behavoristic and chromatic learning theories, 3) the cooperation of parents and teachers increase the student's learning motivation by an intrinsic and extrinsic motivation approach and 4) it enhances the student's intrinsic and extrinsic motivations and 4) it reflects on the parents as well as on the parents. Abstrak. Tidaklah tepat bila urusan pendidikan di pindahtangankan secara totalitas hanya kepada guru. Terutama soal motivasi belajar siswa yang juga perlu diperhatikan. Minimnya perhatian soal motivasi membuat siswa tidak menemukan potensi maksimalnya. Pada penelitian ini akan diurai tentang upaya peningkatan motivasi belajar siswa di salah satu sekolah. Adapun metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, tepatnya field research. Dengan teknik pengumpulan data akumulatif wawancara, observasi dan dokumentasi, dan teknik Miles dan Hubberman sebagai teknik analisis datanya, dengan prosedur 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data dan 4) verifikasi data, serta dengan teknik pemeriksaan data 1) kredibilitias, 2) tranferabilitas dan 3) dependabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) keadaan hubungan kerjasama orang tua dan guru itu sangat baik, 2) upaya guru kelas meningkatkan motivasi belajar dengan mengimplementasikan teori belajar Behavoristik dan Kontruksivistik, 3) upaya kerjasama orang tua dan guru meningkatkan motivasi belajar siswa dengan pendekatan motivasi intrinsik dan ekstrinsik dan 4) hambatan peningkatannya bersentral pada orang tua juga pendukungnya berpusat pula pada orang tua.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Katalis

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Katalis Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Matematika adalah jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Pengembangan Kinerja Dosen, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Lembaga Pengembangan Kinerja Dosen. Jurnal ini adalah Jurnal Ilmu Pendidikan ...