Beberapa tahun terakhir terjadi peningkatan penggunaan platform TikTok di kalangan pemilik akun media sosial.  Penggunaan platform TikTok dengan berbagai macam tujuan, seperti pemberian informasi tentang bidang tertentu, sebagai alat promosi produk dan jasa, sebagai bagian dari kampanye politik, bahkan sebagai media hiburan untuk mengurangi rasa penat dan lelah penggunanya. Pelaksanaan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan, serta wawasan terkait penggunaan aplikasi TikTok.  Permasalahan yang dihadapi oleh para pengusaha RW 09 UMKM Cipinang Asem, Jakarta Timur antara lain, perlunya mendorong peningkatan penjualan produk UMKM melalui pengenalan produk yang lebih masif.  Kegiatan ini memiliki manfaat bagi para para pengusaha UMKM Cipinang Asem, baik dari segi ilmu untuk para pengusaha UMKM, maupun dari segi mendorong peningkatan penjualan para pengusaha UMKM melalui pengoptimalan penggunaan aplikasi TikTok.  Pengoptimalan penggunaan TikTok akan  meningkatkan jumlah calon konsumen yang kenal dengan produk para pengusaha UMKM.  Hal ini akan berdampak secara langsung ataupun tidak langsung meningkatkanpenjualan produk ataupun jasa para pengusaha UMKM.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024