SAINTIFIK@ : Jurnal Pendidikan MIPA
Vol 9, No 1 (2024): SAINTIFIK@: Jurnal Pendidikan MIPA EDISI MARET 2024

Analisis Pengaruh Keterampilan Proses Sains terhadap Hasil Belajar Fisika pada Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Universitas Khairun

Sambiri, Usman (Unknown)
Saputra, Aji (Unknown)
Isra, Hutri Handayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan proses sains dengan hasil belajar fisika calon guru fisika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei yang bersifat korelasional dengan populasi adalah seluruh mahasiswa S-1 Prodi Pendidikan Fisika yang mengikuti kuliah elektronika dasar 1 yang berjumlah 12 mahasiswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial dengan menggunakan analisis korelasi Rank Spearman. Instrumen penelitian terdiri dari 1) tes KPS, dan 2) tes hasil belajar. Hasil analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata KPS adalah 34,08 sedangkan skor rata-rata hasil belajar mahasiswa adalah 59,95. Hasil analisis inferensial diperoleh nilai . Nilai tersebut lebih besar dari nilai  (0.59) sig 2 dengan taraf siginikan 5%. Data tersebut menunjukan bahwa terdapat hubungan korelasi antara KPS dan hasil belajar. Kekuatan korelasinya adalah positif yang cukup kuat. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang cukup kuat antara KPS dan hasil belajar fisika pada materi elektronika dasar 2. Kata kunci: Keterampilan proses sains, Hasil belajar fisika

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Saintifik

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JURNAL ini memuat tentang topik-topik bidang ilmu MIPA dan pembelajarannya, bagi dosen yang akan diterbitkan sesuai kajian akademik. RUANG LINGKUP JURNAL INI ADALAH AKAN MENERBITKAN TOPIK SEBAGAi BERIKUT: 1. Bidan Matematika dan Pembelajarannya 2. Bidang Fisika dan Pembelajarannya 3. Bidang Biologi ...