Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran informatika yang kurang beragam, minimnya pemanfaatan teknologi pada media pembelajaran, serta penggunaan waktu yang kurang efisien sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran berbasis android menggunakan kodular untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP IT Bina Bangsa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop, disseminate). Pada tahap define dilakukan analisis kebutuhan untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan siswa. Pada tahap design dilakukan perancangan storyboard dan flowchart sesuai dengan hasil analisis. Tahap develop dilakukan pembuatan dan pengujian aplikasi, serta revisi yang diberikan oleh validator. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest sebelum dan sesudah penggunaan media, angket, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis android menggunakan kodular menghasilkan produk akhir yang dapat digunakan untuk memperlancar proses pembelajaran di sekolah. Validasi oleh ahli media memberikan nilai sebesar 84% (sangat valid), ahli materi memberikan nilai sebesar 91,33% (sangat valid), dan penilaian praktikalitas mendapatkan nilai sebesar 80,54% (praktis). Penilaian keefektifan media ini memperoleh peningkatan hasil belajar siswa sebesar 0,52 dengan kategori (sedang). Secara keseluruhan penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android ini layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2024