Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP
Vol 5, No 3 (2024)

Analisis Gaya Mengajar Guru IPA SMP Negeri 4 Lahewa Timur

Nazara, Melvan Nastuti (Unknown)
Zega, Novelina Andriani (Unknown)
Waruwu, Toroziduhu (Unknown)
Gulo, Hardikupatu (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk :  (1) Mengetahui gaya mengajar guru IPA di SMP Negeri 4 Lahewa Timur. (2) Mengetahui keterkaitan gaya mengajar guru dengan hasil belajar siswa. (3) Mengetahui  tantangan yang dihadapi guru IPA dalam menerapkan gaya mengajar di SMP Negeri 4 Lahewa Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian yaitu di SMP Negeri 4 Lahewa Timur. Hasil penelitian : (1) Gaya mengajar guru IPA di SMP Negeri 4 Lahewa Timur terdapat satu guru menggunakan gaya mengajar personalisasi, satu orang guru menggunakan gaya mengajar interaksional, dan satu guru menggunakan gaya mengajar klasik; (2) Penerapan gaya mengajar personalisasi memperoleh nilai rata-rata hasil belajar 83,22 (baik), penerapan gaya mengajar interaksional memperoleh nilai rata-rata hasil belajar 78,67 (baik), dan penerapan gaya mengajar klasik memperoleh nilai rata-rata hasil belajar 69,63 cukup); (3) Tantangan yang dihadapi guru dalam menerapkan gaya mengajar personalisasi yaitu: ketika peserta didik belum mampu mencapai kompetensi pembelajaran yang hendak dicapai, tantangan guru dalam menerapkan gaya mengajar personalisasi yaitu: ketika peserta didik kurang mampu berkomunikasi dalam menyampaikan pendapatnya, tantangan guru dalam menerapkan gaya mengajar klasik yaitu: ketika peserta didik kurang fokus menyimak penjelasan guru, akibatnya peserta didik tidak memahami materi pelajaran yang telah dijelaskan oleh guru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPPG

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, pemikiran kreatif, inovatif atau karya-karya dalam pendidikan, pengajaran. Fokus jurnal adalah karya inovatif yang terkait dengan pengembangan media pembelajaran, ...