Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIAD
Vol 3 (2024): Volume 3 Tahun 2024

Pemanfaatan Artificial Intelligence sebagai Media Pembelajaran Digital

Suriyati, Suriyati (Unknown)
Ramadani, Nuriya (Unknown)
Musdalifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan kecerdasan buatan sebagai mediapembelajaran digital pada mata pelajaran IPAS di SD Negeri 111 Lembang Gogoso. Penelitian initermasuk penelitian fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yaitu, guru kelas II,IV, V dan 3 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasidan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan cara trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data danpenarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dalam pembelajaran IPAS,SDN 111 Lembang Gogoso memanfaatkan Artificial inteligens berbasis aplikasi canva, google form,dan kahoot sebagai media pembelajaran digital. Canva dinilai sebagai salah satu media yang dapatmendukung proses pembelajaran secara visual dan audio visual. Google form efektif dalammengevaluasi hasil belajar peserta didik. Kahoot dimanfaatkan untuk membuat kuis online gunameningkatkan minat belajar peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENTIKJAR

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai terbit 1 kali setahun sejak 2022, diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Ahmad Dahlan. Prosiding ini merupakan media publikasi onlina hasil-hasil seminar nasional maupun internasional, ...