Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kesulitan yang dihadapi mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di UIN Imam Bonjol Padang dalam menghafal Al-Qur'an. Pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif digunakan untuk mendapatkan data secara mendalam, di mana data primer diperoleh melalui wawancara dan observasi langsung, sementara data sekunder berasal dari dokumen, buku, jurnal, dan literatur relevan. Analisis data dilakukan secara sistematis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya berbagai faktor internal dan eksternal yang memengaruhi kemampuan mahasiswa, seperti rasa malas, metode menghafal yang kurang tepat, kemampuan membaca Al-Qur'an yang belum lancar, pengaruh buruk penggunaan handphone, serta latar belakang pendidikan mahasiswa. Upaya mengatasi kesulitan dilakukan melalui rutinitas membaca Al-Qur'an, muraja'ah, manajemen waktu, dan dukungan dosen berupa motivasi spiritual serta penilaian yang adil. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kombinasi usaha mahasiswa, dukungan dosen, dan lingkungan yang kondusif dapat meningkatkan efektivitas proses menghafal Al-Qur'an, sehingga diharapkan dapat menjadi masukan bagi institusi pendidikan untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih adaptif dan mendukung mahasiswa.
Copyrights © 2024