Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren
Vol. 3 No. 03 (2024): Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren

Pengembangan e-LKPD pada Materi Relasi dan Fungsi dengan Model PAKEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif

Astiwi, Wuri (Unknown)
Siswanto, Deny Hadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengembangan e-LKPD relasi dan fungsi bermodel PAKEM yang memenuhi kriteria valid, praktis serta efektif guna peningkatan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan bermodel ADDIE yang diikuti 30 siswa kelas VIII A SMP Dr. Wahidin Mlati. Teknik pengumpulan data menggunakan obeservasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi ahli media mencapai skor 3,67, yang dikategorikan valid, dan validasi oleh ahli materi dengan skor 4,32, berkategori sangat valid. Dari angket yang diberikan kepada siswa, rata-rata skor respon mereka adalah 3,42, yang dikategorikan praktis. Skor rata-rata posttest adalah 81,46, sedangkan skor rata-rata pretest adalah 45,83. Uji T pada sampel berpasangan  menunjukkan sig. lebih besar dari α (0,00 < 0,05), yang mengindikasikan adanya perbedaan signifikan dalam kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum dan sesudah penggunaan e-LKPD. Skor N-Gain yang diperoleh adalah 0,66, yang dikategorikan sedang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PBPSP

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren is a journal that disseminates the results of applying theories, and concepts in building knowledge, skills, and attitudes in schools and boarding schools. This application can be in various forms and perspectives such as school action research, ...