Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi Public Relations (PR) ritel MR D.I.Y. dalam membangun hubungan interaktif dan personal dengan pelanggan. Sebagai salah satu pemimpin pasar dalam sektor ritel DIY (Do It Yourself), MR D.I.Y. mengintegrasikan elemen strategi komunikasi berbasis komunitas, personalisasi pesan, dan teknologi digital untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang relevan dan bermakna. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, analisis konten kampanye PR yang dilakukan melalui media sosial, situs web resmi, ulasan pelanggan serta aktivitas berbasis komunitas serta wawancara menjadi desain utama penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi PR MR D.I.Y. menonjolkan beberapa pendekatan. Pertama, MR D.I.Y. membangun komunitas pelanggan melalui kampanye interaktif di media sosial, seperti "DIY Challenge,". Kedua, strategi komunikasi berbasis narasi (storytelling) untuk menonjolkan nilai-nilai utama merek, seperti kreativitas, keberlanjutan dan keterjangkauan. Ketiga, komunikasi dua arah melalui dialog aktif dengan pelanggan melalui media sosial dan aplikasi mobile, memungkinkan merek untuk merespon umpan balik secara real-time. Keempat, pendekatan personalisasi diterapkan melalui konten yang relevan dengan preferensi audiens, menciptakan hubungan emosional yang lebih kuat dan mendorong perilaku impulse buying.
Copyrights © 2024