Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah utuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran two stay two stray dan berapa besar pengaruh model pembelajaran two stay two stray terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 117509 Poldung Labuhanbatu Utara Tahun Pelajaran 2023/2024. Landasan teori pada penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif adalah berasal dari kata cooperative learning yang artinya sebuah metode atau medel dan strategi pembelajaran. Two Stay two Stray adalah model pembelajaran yang lakukan dengan membetuk kelompok sekotar 4 orang. Hasil belajar adalah sebagai hasil yang dicapai seseorang yang mengalami proes belajar. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray pada mata pelajaran Pendidkan Agama Islam (PAI) di kelas V SD Negeri 117509 Poldung Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif (Quasi Exprimen) dengan sampel penelitian dengan teknik total sampling, kelas V A pembelajaran menggunakan metode konvensional (tanya jawab, ceramah, dan diskusi) kegiatan pembelajaran berpusat pada guru dan kelas V B sebagai kelas Eksprimen diajarkan menggunakan model pembelajaran Two Stay two Stray. Berdasakan hasil perhitungan, hasil penelitian rata rata pada tes awal yaitu 85,6 dan pada tes akhir yaitu 90, hasil uji t pada taraf signifikan 0,05 bahwa ttabel = 2,019 dan thtung = -2,045 sehingga terbukti dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh ada pengaruh menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PAI di kelas V SD Negeri 117509 Poldung.
Copyrights © 2024