Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Interaktif Tipe Picture and Picture Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SD Negeri 112317 Tubiran Kecamatan Marbau Kabupaten Labuhanbatu Utara Tahun Pelajaran 2022/2023 Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif (Quasi Experiment) dengan sampel penelitian dengan tehnik total sampling, Kelas III Seluruhnya berjumlah 30 Siswa sebagai kelas kontrol dan kelas Eksperimen peneliti melaksanakan kegiatan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture (menyajikan gambar, tanya jawab, diskusi). Instrumen penelitian menggunakan tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal dan dilaksanakan oleh siswa SD Negeri 112317 Tubiran sebanyak 30 peserta yang valid dalam soal tersebut ada 14 soal, jadi peneliti mengambil 14 soal yang valid untuk menjadi alat ukur penelitian. Teknik analisis data menggunakan uji t berpasangan dengan taraf signifikan a=0,05 Hasil Uji Hipotesis data Post Test penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual diperoleh thitung >ttabel (1,900>2,019). Sehingga Ha diterima H0 ditolak. Maka terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pada Perubahan Pada Makluk Hidup SD Negeri 112317 Tubiran Kcematan Marbau Kabupaten Labuhanbatu Utara tahun pelajaran 2022/2023.
Copyrights © 2024