Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran matematika materi kaidah pencacahan di salah satu SMA Negeri di Kota Tangerang Selatan. Penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus ini menggunakan metode observasi non partisipatif dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum guru telah menerapkan langkah-langkah PBL sesuai dengan sintaks. Siswa terlibat aktif dalam mengerjakan masalah pada LKS baik secara mandiri maupun berkolaborasi dalam kelompok. Guru berperan sebagai fasilitator dengan memberikan scaffolding kepada siswa. Namun demikian, integrasi teknologi dalam pembelajaran masih kurang. Rekomendasi untuk perbaikan mencakup pelatihan penerapan PBL bagi guru, integrasi teknologi pembelajaran, dan kerjasama dengan peneliti pendidikan. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengevaluasi efektivitas PBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan abad 21 siswa.
Copyrights © 2024