Jambura Journal of Community Empowerment
Volume 5 No. 2: Desember 2024

Optimalisasi Penggunaan Media Kantong Bilangan Terhadap Pemahaman Konsep Matematis

Melinda, Devis Vena (Unknown)
Kartinah, Kartinah (Unknown)
Sunarti, Sunarti (Unknown)
Wakhyudin, Husni (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena minimnya penggunaan media pembelajaran pada proses kegiatan pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran berfungsi sebagai sarana yang dapat menjembatani proses berpikir siswa terhadap konsep abstrak yang dihadapi. Media pembelajaran yang peneliti gunakan yaitu media kantong bilangan pada materi penjumlahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan media kantong bilangan terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini yakni 3 siswa dari kelas 1 A SDN Kaligawe dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media kantong bilangan terbukti efektif memberikan dampak yang signifikan terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas 1 A SDN Kaligawe.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jjce

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

JAMBURA Journal Community Empowerment contains articles of research results and / or analytical-critical studies in the field of out-of-school education specifically on adult education studies, community education, training and human resource development, counseling, and community development. The ...