Kresna: Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat
Vol 4 No 2 (2024): Jurnal KRESNA November 2024

Digital Game-Based Learning untuk Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis STEAM bagi Guru PAUD Astanaanyar

Darmawan, Ferry (Unknown)
Novita, Sophia (Unknown)
Hakim, Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Pendekatan Sains, Teknologi, Rekayasa, Seni, dan Matematika (STEAM) dan Game Based Learning (GBL) berperan dalam meningkatkan kemampuan kolaborasi, berpikir kritis, dan pemecahan masalah siswa, sambil merangsang kreativitas mereka untuk menghadapi tantangan di era Society 5.0. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran membawa banyak keuntungan, tetapi penggunaannya perlu dilakukan secara bijak untuk menghindari dampak negatif. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini dengan memberdayakan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam merancang pembelajaran berbasis permainan, mengintegrasikan pendekatan STEAM, serta mendukung implementasi Kurikulum Merdeka. Program ini diharapkan mampu menciptakan pengalaman belajar yang interaktif, kreatif, dan sesuai dengan tahap perkembangan anak. Pendekatan untuk meningkatkan pengetahuan guru tentang STEAM dan Game Based Learning dilakukan melalui metode Participatory Rural Appraisal (PRA), dengan mengidentifikasi masalah dan berkoordinasi dengan pihak terkait di Kecamatan Astanaanyar. Program ini bertujuan memberdayakan guru PAUD dengan mengembangkan game edukasi berbasis STEAM menggunakan MS-PowerPoint. Hasil pengabdian ini menunjukan ada peningkatan pemahaman guru PAUD tentang Kurikulum Merdeka dengan pendekatan STEAM dan keterampilan teknologi informasi. Guru dapat membuat game edukatif menggunakan PowerPoint, yang meningkatkan kualitas pengajaran dan memotivasi anak-anak dalam pembelajaran TIK.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Kresna

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Social Sciences

Description

Jurnal KRESNA adalah media publikasi online hasil penelitian yang diterbitkan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM), Universitas Budi Luhur. Topik pada Jurnal ini adalah: - Ilmu Komputer dan Teknik Elektro - Ekonomi dan Bisnis - Komunikasi dan Desain Kreatif - Ilmu Sosial dan ...