ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 3 No. 1 (2024): Juni

Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa MTs

Nurcholis, Moch. (Unknown)
Arifah, Nur (Unknown)
Almahiroh, Fatmawati (Unknown)
Najwa, Laila Nurin (Unknown)
Nadiroh, Intan (Unknown)
Masrury, Farhan (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2024

Abstract

Kompetensi pedagogic guru merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru, kemampuan ini memberikan gambaran umum tentang setiap guru dalam mengelola kelas saat pembelajaran serta mampu meningkatakan kualitas hasil pembelajaran peserta didik. Sedangkan kualitas pembelajaran adalah tingkat keefektifan proses pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan kualitas pembelajaran melalui peningkatan aktifitas belajar dan peningkatan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogic dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa MTs-MA Al Anwar Cangkringrandu Perak Jombang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung dan wawancara. Adapun hasil penelitian ini adalah Kompetensi Pedagogik guru merupakan salah satu bentuk penilaian kualitas pembelajaran, kualitas pembelajaran merupakan tingkat keefektifan dalam proses pembelajaran untuk mecapai tujuan pembelajaran. Namun fakta di lapangan penggunaan kurikulum pesantren mengakibatkan kompetensi pedagogic guru tidak berjalan semestinya karena ketimpangan jam mengajar antara mata pelajaran umum dan agama sehingga peningkatan kualitas pembelajaran masih belum menyeluruh.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

abdimasy

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education

Description

ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah Jurnal di Lingkungan Institut Agama Islam Jombang dibawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) merupakan hasil dari pengabdian kepada masyarakat Civitas Akademik IAIBAFA dan Akademisi dari lembaga lainnya. Jurnal ini dikemas ...