Mindset : Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 4 No. 2 (2024): Juli

Pengembangan Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Game Edukasi pada Siswa

Taswira, Ainun (Unknown)
Hermuttaqien, Bhakti Prima Findiga (Unknown)
Syamsuddi, Afdhal Fatawuri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif berbasis game edukasi berbentuk multimedia pembelajaran yang didasarkan pada hasil analisis kebutuhan siswa sehingga penelitian dan pengembangan ini menggunakan jenis penelitian research and development (R&D). Prosedur penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Allessi & Trollip. Model pengembangan Allesi & Trollip memiliki tiga tahapan. Adapun tiga tahapan tersebut adalah tahap perencanaan (Planning), tahap desain (design), tahap pengembangan (development). Produk yang dihasilkan pada penelitian dan pengembangan ini melalui dua tahapan uji coba yaitu uji alpa dan uji beta. Uji alpa dilakukan oleh 1 orang ahli materi dan 1 orang ahli media. Hasil analisis validasi ahli materi diperoleh persentase nilai 78,67% dengan kategori kelayakan produk “Sangat Layak” dan hasil analisis validasi ahli media diperoleh persentase nilai 76,00% dengan kategori kelayakan produk “Sangat Layak”. Adapun uji beta dilakukan oleh pengguna atau responden yaitu 36 orang siswa dan 1 orang guru. Hasil analisis angket respon diperoleh persentase nilai masing-masing 84,09% dan 84,37% Berdasarkan hasil uji alfa dan beta, media pembelajaran interaktif berbasis game edukatif dinyatakan sangat layak digunakan, sehingga penelitian ini dapat menjadi inovasi dalam pengembangan media pembelajaran interaktif dan referensi bagi penelitian selanjutnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mindset

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Mindset: Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Pembelajaran merupakan jurnal penelitian dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang bertujuan untuk mempromosikan beragam hasil penelitian baik studi literatur, maupun studi empiris yang dilakukan para peneliti, tenaga profesional, aparatur sipil negara, ...