Journal of Exploratory Dynamic Problems
Vol. 2 No. 1 (2025): Vol.2 No.1 2025

Validitas Modul Elektronik Berbasis Mastery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa

Yulianti, Desy (Unknown)
Hetty, Nafida (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi desain modul elektronik berbasis mastery learning yang dirancang untuk meningkatkan literasi numerasi siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) meskipun penelitian ini fokus pada tiga tahap awal: analisis, desain, dan pengembangan. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas X.E4 SMA Negeri 1 Seyegan, dua validator ahli materi, dan dua validator ahli media. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan tes kemampuan literasi numeras. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul elektronik memperoleh skor rata rata 76 dengan kriteria sangat valid dari ahli materi, dan skor rata-rata 62,5 dengan kriteria sangat valid dari ahli media. Dengan demikian, modul elekronik ini memenuhi kriteria validitas yang sangat baik dan layak untuk digunakan dalam tahap pengujian lebih lanjut, termasuk uji kepraktisan dan keefektifan produk. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam menyediakan media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edp

Publisher

Subject

Religion Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Exploratory Dynamic Problems adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, bisnis dan ekonomi, Koperasi, teknologi, ilmu ...