Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa
Vol. 2 No. 9 (2024): November

Pendampingan Pembelajaran Seni Membaca Al-Qur’an Dengan Metode Tilawati Di SDIT Al-Qonita

Pertiwi, Ratna Rahayu (Unknown)
Sulistyowati, Sulistyowati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2024

Abstract

Pembelajaran Al-Qur’an merupakan salah satu aspek penting dalam pendidikan agama Islam yang bertujuan untuk membentuk generasi muslim yang memiliki kemampuan membaca, memahami, dan mengamalkan ajaran Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Pendampingan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran seni membaca Al-Qur’an dengan metode Tilawati di SDIT Al-Qonita, diharapkan siswa dapat mencapai kemampuan membaca Al-Qur’an yang baik dan benar, sesuai dengan kaidah tajwid dan makhraj, sehingga nilai-nilai Al-Qur’an dapat lebih tertanam dalam kehidupan mereka. Penelitian melibatkan dengan menggunakan metode  tindakkan Partisipatif (PAR) adalah metode penelitian yang berfokus pada evaluasi kinerja saat ini dan mengusulkan perbaikan. Pendampingan yang diberikan juga berdampak pada peningkatan minat dan motivasi siswa dalam membaca Al-Qur’an. Suasana pembelajaran yang menyenangkan dan terarah mendorong siswa untuk lebih mencintai dan menghargai Al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Dengan demikian, pembelajaran seni membaca Al-Qur’an melalui metode Tilawati tidak hanya meningkatkan kompetensi siswa, tetapi juga menanamkan nilai-nilai spiritual yang mendalam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmba

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Energy Health Professions Industrial & Manufacturing Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Medicine & Pharmacology Nursing Physics Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, ...