Jurnal SOLMA
Vol. 13 No. 3 (2024)

Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Berbasis Understanding by Design (UbD) untuk Guru SMP

Aklimawati, Aklimawati (Unknown)
Wulandari, Wulandari (Unknown)
Isfayani, Erna (Unknown)
Listiana, Yeni (Unknown)
Hafidz, Ahmad (Unknown)
Andala, Hery (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2024

Abstract

Background: Seiring dengan perubahan kurikulum pendidikan menjadi kurikulum merdeka, guru diwajibkan untuk mampu meningkatkan kreativitas dan kompetensi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di Sekolah, salah satunya adalah dengan membuat modul ajar. Salah satu pendekatan yang dapat membantu guru dalam merancang modul ajar yang memiliki keterkaitan antara tujuan, evaluasi, dan langkah-langkah dalam pembelajaran adalah Understanding by Design. Metode: Kegiatan pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada guru-guru SMP Negeri 2 Dewantara tentang cara merancang dan menyusun modul ajar kurikulum merdek dengan metode konsultasi dan pelatihan. Hasil: penyusunan modul ajar kurikulum merdeka berbasis Understanding by Design (UbD) membuat guru memahami cara mencapai tujuan pembelajaran dan lebih memahami karakteristik peserta didik, Kesimpulan: Pendekatan Understanding by Design dapat membantu guru dalam memahami cara menyusun modul ajar kurikulum merdeka dan dapat meningkatkan kemampuan dan skill guru dalam dunia pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

solma

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal SOLMA merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) dan dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2614-1531 & P-ISSN: 2252-584x. Jurnal SOLMA mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dari ...