Education and Counseling Journal
Vol 5 No 1 (2025): EDISI : MARET

PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP KINERJA GURU DI SD NEGERI INPRES DOYO LAMA KABUPATEN JAYAPURA PAPUA

Dike, Yosina (Unknown)
Dwikurnianingsih, Yari (Unknown)
Wahyudi, Wahyudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini adalah supervisi akademik merupakan instrumen yang efektif untuk meningkatkan kinerja guru di SD Negeri Inpres Doyo Lama. Dengan menerapkan rekomendasi yang telah diberikan, diharapkan kualitas pendidikan di sekolah tersebut dapat terus ditingkatkan. Penelitian ini membuktikan bahwa supervisi akademik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kinerja guru di SD Negeri Inpres Doyo Lama. Aspek pelaksanaan supervisi, khususnya pemberian umpan balik langsung, merupakan faktor yang paling penting. Kendala-kendala yang dihadapi perlu segera diatasi untuk meningkatkan efektivitas supervisi. Rekomendasi yang diberikan diharapkan dapat menjadi masukan bagi sekolah dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

consilium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal consilium adalah jurnal bidang pendidikan dan konseling untuk semua jenjang pendidikan yakni Sekolah Dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), hingga perguruan tinggi (PT). jurnal consilium merupakan cerminan aspirasi guru-guru di SD – SMA yang membutuhkan ...