Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Dimana tujuannya adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan produk e-comic yang berkaitan dengan materi perbandingan untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa secara valid, praktis, dan efektif. Subjek penelitian diantaranya siswa kelas VII UPT SMPN 4 Kampar serta ahli teknologi pendidikan dan materi pembelajaran yang melibatkan dosen dan guru matematika. Objek penelitian adalah e-comic yang dirancang untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi perbandingan. Instrumen penelitian instrumen validitas yaitu lembar validasi instrumen dan lembar angket validasi oleh ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran, instrumen kepraktisan yaitu angket respon siswa, dan instrumen keefektifan yaitu soal post-test. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan kuantitatif, yang dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa e-comic untuk materi perbandingan dinyatakan sangat valid dengan validitas keseluruhan 0,886, sangat praktis dengan memperoleh persentase kepraktisan 87,647%, dan efektif dengan diperoleh nilai (4,2064) (2,0345) sehingga diterima dan ditolak. Sehingga dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep yang signifikan antara kelas eksperimen dimana siswa memakai e-comic pada saat belajar dibandingkan kelas kontrol dimana siswa tidak belajar dengan memakai e-comic.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024