Pentingnya penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran matematika menjadi dasar dalam penelitian pengembangan ini. Bahan ajar yang digunakan terbatas hanya buku daras dan beberapa buku online saja, sehingga tidak ada ruang bagi mahasiswa untuk melakukan lebih banyak latihan dalam penyelesaian soal. Oleh karena itu, perlu dikembangkan suatu bahan ajar berbentuk lembar kerja pada mata kuliah fungsi kompleks ini agar mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengaplikasikan pengetahuan yang telah diperoleh melalui proses pengerjaan lembar kerja dibawah bimbingan dosen. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja berbasis model penemuan terbimbing yang dapat memfasilitasi kemampuan komunikasi mahasiswa pada mata kuliah fungsi kompleks. Subjek dalam penelitian ini adalah dosen sebagai ahli dalam uji validitas dan mahasiswa sebagai pengguna dalam uji praktis dan uji efektif. Objek penelitian adalah lembar kerja berbasis penemuan terbimbing. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, kemudian teknik tes untuk uji efektifitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis hasil pengujian, lembar kerja ini menunjukkan nilai validitas tinggi dengan rata-rata 0,91, serta persentasi kepraktisan yang diakui oleh mahasiswa sebesar 83,23% dengan kriteria praktis pada kelompok kecil dan 85,78% dengan kriteria sangat praktis pada kelompok besar. Selain itu, uji efektivitas menunjukkan bahwa penggunaan lembar kerja ini secara signifikan meningkatkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa (sign = 0,000 < 0,05). Oleh karena itu, dapat dismpulkan lembar kerja fungsi kompleks berbasis penemuan terbimbing ini terbukti valid, praktis, dan efektif dalam memfasilitas pembelajaran matematika di tingkat perguruan tinggi khususnya pada mata kuliah fungsi kompleks.
Copyrights © 2024