Metakognisi : Jurnal Kajian Pendidikan
Vol 7 No 1 (2025): Metakognisi

Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 2 Kota Serang

Marsela (Unknown)
Nabilah Azzahra Maulana (Unknown)
Tatu Hilaliyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2025

Abstract

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, Kurikulum Merdeka hadir untuk menekankan pengembangan karakter dan kompetensi abad 21. Penelitian ini mengkaji adaptasi, kendala, dan capaian Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 2 Kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan percakapan dengan wakil kepala sekolah untuk kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun ada tantangan dalam penerapan kurikulum baru, seperti perlunya pelatihan guru dan sosialisasi orang tua, sekolah ini telah berhasil menerapkan pendekatan pembelajaran yang lebih fleksibel yang berfokus pada pengembangan kepribadian siswa. Asesmen formatif dan sumatif diprioritaskan untuk evaluasi pembelajaran, mendukung pemahaman dan penerapan materi siswa. Selain itu, kolaborasi antara guru, siswa, dan orang tua memainkan peran penting dalam keberhasilan implementasi kurikulum ini. Temuan ini juga menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran bagi siswa di seluruh Indonesia. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi pada pengembangan kebijakan pendidikan dan praktik pembelajaran di Indonesia yang lebih efektif dan relevan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

metakognisi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Metacognition is a journal of educational studies that contain writing the results of thought analysis, conceptual studies and research in the field of ...