Pengabdian ini dilatar belakangi dengan arus globalisasi yang cepat membuat perkembangan teknologi kearah serba digital ini semakin pesat. Disinilah kesempatan yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk menembus market digital marketing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran digital marketing terhadap peningkatan pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Dasan Tapen, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat dan untuk memahami bagaimana kendala dan manfaat penerapan digital marketing bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Dasan Tapen, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat. Untuk mengungkapkan persoalan tersebut penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai pemanfaatan digital marketing bagi peningkatan pendapatan UMKM. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa digital marketing berperan dalam peningkatan pendapatan UMKM di Desa Dasan Tapen, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat, hal itu dibuktikan dengan peningkatan pendapatan 33% hingga 59%.
Copyrights © 2024