Jurnal Pengabdian Masyarakat Sehati
Vol. 3 No. 2 (2024): Desember

PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING BAGI MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) DESA DASAN TAPEN, KECAMATAN GERUNG, KABUPATEN LOMBOK BARAT

Irawansyah, Irawansyah (Unknown)
Junaidin, Junaidin (Unknown)
Sahbany, Sri (Unknown)
Hadi, Lalu Adiyatma Taopikul (Unknown)
Riscal, Detty Agustin (Unknown)
Aminullah, Andi Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Pengabdian ini dilatar belakangi dengan arus globalisasi yang cepat membuat perkembangan teknologi kearah serba digital ini semakin pesat. Disinilah kesempatan yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk menembus market digital marketing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran digital marketing terhadap peningkatan pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Dasan Tapen, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat dan untuk memahami bagaimana kendala dan manfaat penerapan digital marketing bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Dasan Tapen, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat. Untuk mengungkapkan persoalan tersebut penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai pemanfaatan digital marketing bagi peningkatan pendapatan UMKM. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa digital marketing berperan dalam peningkatan pendapatan UMKM di Desa Dasan Tapen, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat, hal itu dibuktikan dengan peningkatan pendapatan 33% hingga 59%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpms

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Decision Sciences, Operations Research & Management Dentistry Education Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Sehati bertujuan untuk menyebarluaskan hasil pemikiran dan gagasan konseptual, khususnya hasil penelitian dan teknologi pendidikan untuk diwujudkan di masyarakat, meliputi (1) Bidang ilmu pengetahuan, terapan, sosial, ekonomi, kesehatan, budaya, Pengembangan TIK, dan ...