Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman siswa Sekolah Dasar di Desa Dewantara tentang bullying melalui intervensi psikoedukasi. Metode pengabdian yang digunakan adalah seminar interaktif berbasis psikoedukasi, yang melibatkan siswa kelas VI berusia 11–13 tahun yang dipilih secara purposive sampling. Materi seminar mencakup definisi, jenis, dampak, serta strategi pencegahan bullying, dengan metode penyampaian berbasis diskusi kelompok (FGD). Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa memiliki peningkatan pemahaman tentang bullying, yang tercermin dari partisipasi aktif dalam diskusi serta banyaknya pertanyaan terkait materi. Selain itu, kesadaran siswa terhadap dampak bullying dan pentingnya menciptakan lingkungan sekolah yang aman juga meningkat. Simpulan dari kegiatan ini adalah bahwa psikoedukasi efektif dalam menanamkan nilai-nilai positif, meningkatkan kesadaran siswa, serta berkontribusi pada upaya pengurangan perilaku bullying di lingkungan sekolah. Kata Kunci: Bullying, Psikoedukasi, Siswa
Copyrights © 2024