Journal of Electrical, Electronic, Mechanical, Informatic and Social Applied Science
Vol. 3 No. 2 (2024): Desember 2024

PENGEMBANGAN APLIKASI PELAKU USAHA BERBASIS KOORDINAT (PUSBAKOR) SEBAGAI PORTAL INVESTASI BERBASIS SEKTOR

Anwar Fu'adi (Akademi Komunitas Negeri Pacitan)
Berlian Juliartha Martin Putra (Akademi Komunitas Negeri Pacitan)
Agus Prianggono (Akademi Komunitas Negeri Pacitan)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Kabupaten Pacitan adalah bagian dari Jawa Timur, memperlihatkan potensi luar biasa dalam sektor pariwisata, pertanian, dan investasi. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pacitan telah mengimplementasikan aplikasi Pelaku Usaha Berbasis Titik Koordinat (Pusbakor) sebagai upaya pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Meskipun demikian, Pusbakor belum sepenuhnya memanfaatkan potensi sektor pariwisata dan pertanian, serta belum memadai dalam menyajikan informasi potensi investasi di wilayah Kabupaten Pacitan. Penelitian ini melakukan penambahan pada Profil pariwisata, pertanian, peternakan dan perikanan serta informasi potensi investasi. Tujuan utama adalah meningkatkan daya dukung aplikasi dalam mendata dan memetakan UMKM, sekaligus memberikan informasi yang komprehensif dan terkini terkait sektor Pariwisata, peternakan, pertanian,  dan peluang investasi. Pengembangan ini difokuskan pada front end dan backend admin panel sebagai sumber data utama yang mendukung website dengan menggunakan Laravel Admin dan penerapan metode pengembangan waterfall. Dengan penambahan beberapa sektor dan Potensi Investasi pada Pusbakor, aplikasi ini mampu memberikan informasi yang lebih akurat dan terintegrasi. Dengan demikian, DPMPTSP Kabupaten Pacitan dapat lebih efektif dalam mengelola UMKM, mempromosikan potensi sektor pariwisata, perikanan, perternakan dan pertanian, yang nantinya dapat menarik investasi yang berkelanjutan untuk memajukan perekonomian Kabupaten Pacitan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

eemisas

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Bidang Informatika Data Mining, Web Mining, Artificial Intelligence, Business Intelligence, Cloud & Grid Computing, Decision Support System, Human-Computer Interaction, Machine Learning, Deep Learning, Information Retrieval (IR), Computer Network, System Information, Geographic Information System ...