Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti
Vol. 11 No. 4 (2024)

PENGEMBANGAN LABIRIN GAYA GAME MATERI GAYA BERBANTUAN WORDWALL MENINGKATKAN SELF EFFICACY DAN LITERASI SAINS SISWA SD

Restiani, Umi (Unknown)
Fatih, Mohamad (Unknown)
Alfi, Cindya (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan desain LAGA (Labirin Gaya) Game pada materi gaya disekitar kita berbantuan wordwall untuk meningkatkan self-efficacy dan literasi sains siswa kelas IV SD. Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan langkah-langkah pengembangan model ASSURE. Desain eksperimen lapangan yang digunakan adalah one group pretestposttest design. Teknik pengumpulan data terdiri dari 4 metode yaitu wawancara (pra-penelitian), angket, lembar tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa skor kevalidan media oleh ahli media mencapai 87,5%, sementara ahli materi memberikan skor sebesar 100%, keduanya dikategorikan sebagai sangat valid. Selain itu, respon guru terhadap aspek kelayakan mencapai 95%, dengan kategori sangat layak. Berdasarkan respon siswa, media laga game berbantuan wordwall mendapat hasil yang positif yakni mampu efektif dengan pengaruh signifikan dalam meningkatkan self-efficacy pada kategori sedang yang didasarkan pada rata-rata skor N-gain mencapai 0,484, dan mampu meningkatkan literasi sains siswa pada kategori sedang dengan rata-rata N-gain 0,345. Hasil uji manova mendapatkan kriteria signifikan untuk variabel self-efficacy 0,029 < 0,05 dan variabel literasis sains 0,047 < 0,05. Berdasarkan hasil uji manova tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh desain LAGA game berbantuan wordwall terhadap self-efficacy dan literasi sains.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jil

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Ruang lingkup dan fokus publikasi pada bidang pendidikan, pembelajaran, media pembelajaran, TIK dalam pendidikan dan pembelajaran, manajemen pendidikan, pendidikan dasar, ...