Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan desain LAGA (Labirin Gaya) Game pada materi gaya disekitar kita berbantuan wordwall untuk meningkatkan self-efficacy dan literasi sains siswa kelas IV SD. Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan langkah-langkah pengembangan model ASSURE. Desain eksperimen lapangan yang digunakan adalah one group pretestposttest design. Teknik pengumpulan data terdiri dari 4 metode yaitu wawancara (pra-penelitian), angket, lembar tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa skor kevalidan media oleh ahli media mencapai 87,5%, sementara ahli materi memberikan skor sebesar 100%, keduanya dikategorikan sebagai sangat valid. Selain itu, respon guru terhadap aspek kelayakan mencapai 95%, dengan kategori sangat layak. Berdasarkan respon siswa, media laga game berbantuan wordwall mendapat hasil yang positif yakni mampu efektif dengan pengaruh signifikan dalam meningkatkan self-efficacy pada kategori sedang yang didasarkan pada rata-rata skor N-gain mencapai 0,484, dan mampu meningkatkan literasi sains siswa pada kategori sedang dengan rata-rata N-gain 0,345. Hasil uji manova mendapatkan kriteria signifikan untuk variabel self-efficacy 0,029 < 0,05 dan variabel literasis sains 0,047 < 0,05. Berdasarkan hasil uji manova tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh desain LAGA game berbantuan wordwall terhadap self-efficacy dan literasi sains.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024