Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini
Vol 4, No 3 (2024): DESEMBER

MANAJEMEN KELAS DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B1 TK ISLAM BAKTI 1 BANJARMASIN

Aisyah, ST (Unknown)
Novitawati, Novitawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah perkembangan motorik halus anak belom mampu meniru bentuk dengan baik. Hal ini disebabkan kurangnya kegiatan meniru bentuk dan kurangnya kegiatan memasak dalam menyelesaikan tugas, disebabkan ada beberapa faktor yaitu fasilitas memasak di TK ada keterbatasan maka anak bergantian untuk memakainya dan pembelajaran satu arah dan kurang menarik dampaknya kemampuan meniru bentuk anak tidak akan berkembang secara optimal. Upaya pemecahan masalah ini yaitu melalui model project based learning, metode demonstrasi, dan kegiatan fun cooking. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktifitas guru, mendeskripsikan aktivitas anak, dan menganalisis hasil perkembangan motorik anak. Peneliti ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Objek dalam penelitian pada anak kelompok B TK Islam Bakti 1 Banjarmasin yang berjumlah 14 anak. Hasil penelitian menunjukan aktifitas guru memperoleh skor 26 (sangat baik), aktivitas anak memperoleh persentase 100% (seluruh anak aktif), dan hasil perkembangan motorik anak memperoleh persentasi 100% dengan kategori BSB

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jikad

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD) merupakan kumpulan artikel/jurnal tugas akhir mahasiswa PG PAUD di bidang Pendidikan Anak Usia Dini. JIKAD mulai diterbitkan pada tahun 2021 di Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas ...