Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti
Vol. 11 No. 4 (2024)

ANALISIS KRITIS TANTANGAN DAN STRATEGI PENERAPAN TRI HITA KARANA DALAM SISTEM PENDIDIKAN FORMAL DAN NONFORMAL

Sugiantara, I Putu EKa (Unknown)
Suja, I Wayan (Unknown)
Arnyana, Ida Bagus Putu (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2024

Abstract

Tri Hita Karana dalam sistem pendidikan memiliki potensi besar untuk menciptakan pendidikan holistik yang menyeimbangkan hubungan antara manusia dengan Tuhan, sesama, dan lingkungan. Namun, penerapannya menghadapi tantangan seperti kurangnya pemahaman filosofi, resistensi terhadap perubahan, dan keterbatasan infrastruktur pendidikan. Penelitian ini bertujuan menganalisis dinamika penerapan Tri Hita Karana dalam pendidikan formal dan nonformal serta menawarkan strategi untuk mengatasi tantangan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah review literatur, yang mengeksplorasi penerapan nilai-nilai Tri Hita Karana, tantangan, dan strategi relevan dalam sistem pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diusulkan meliputi pelatihan guru, revisi kurikulum berbasis nilai lokal, kolaborasi dengan komunitas adat, dan pengembangan infrastruktur pendukung. Implementasi strategi ini diharapkan dapat mengintegrasikan nilai-nilai Tri Hita Karana secara efektif, menghasilkan siswa yang cerdas akademis, berkarakter, dan peduli terhadap lingkungan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jil

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Ruang lingkup dan fokus publikasi pada bidang pendidikan, pembelajaran, media pembelajaran, TIK dalam pendidikan dan pembelajaran, manajemen pendidikan, pendidikan dasar, ...