Tantangan globalisasi saat ini dapat dijawab salah satunya dengan peran pendidikan di era global. Ketika dibutuhkan suatu proses yang dapat menghasilkan individu-individu dengan memiliki bekal keterampilan, pengetahuan, serta nilai-nilai dalam kehidupan global. Membentuk guru yang memiliki wawasan global tidaklah mudah, dibutuhkan kerja keras kepala sekolah dan kerjasama dari guru itu sendiri. Dengan demikian pokok permasalahan utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana strategi kepala sekolah dalam mempengaruhi pengelolaan keterampilan global guru di SPK SD Sophos Indonesia. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengelolaan keterampilan global guru dan manajemen kepala di SPK SD Sophos Indonesia. Melalui pendekatan kualitatif peneliti memaparkan secara deskriptif berbagai fenomena yang terjadi dalam proses penelitian. Ilmu manajemen pendidikan digunakan sebagai pendekatan penelitian ini. Data-data hasil penelitian sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu manajemen pendidikan, sehingga dapat menjadi landasan dalam merancang dan melaksanakan penelitian. Sumber data dalam penelitian ini mencakup pernyataan dan tindakan yang diperoleh dari berbagai elemen di lingkungan sekolah, yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, bagian keuangan sekolah, para guru, dan staf karyawan (seperti tata usaha atau bagian administrasi). Keterampilan global guru yang dilakukan oleh Kepala Sekolah SPK SD Sophos diantaranya berfokus kepada keterampilan profesional dan keterampilan personal guru. Kata Kunci: manajemen kepala sekolah; keterampilan global guru; guru; pengelolaan keterampilan global guru.
Copyrights © 2024