Renjana Pendidikan Dasar
Vol 4 No 4 (2024): Edisi November 2024

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI SDN 24 AMPENAN

Huriah, Huzaematul (Unknown)
Aulia, Lale (Unknown)
Fajri, Lathifa Julia (Unknown)
Ermiana, Ida (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2024

Abstract

Melalui pembelajaran tematik terpadu siswa dapat dapat mengembangkan keterampilan mandiri dan pengembangan kompetensi abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan manfaat model pembelajaran tematik terpadu pada tema 1 "Benda di Sekitar Kita" sub tema 1 "Aneka Benda di Sekitar Kita" di kelas 3 SDN 24 Ampenan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan guru menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada tema 1 subtema 1 dalam proses pembelajaran begitupun dalam pengimplementasiannya. Manfaat dari implementasi tersebut dapat meningkatkan 1). Penguatan karakter 2). Pengembangan kopetensi abad 21 3). Pengembangan keterampiln mandiri 4). Pembelajaran kontekstual 5). Pendekatan multisensory 6). Peningkatan literasi dan numerasi 7). Pembelajaran kolaboratif dan diskusi. Adapun Kendala yang dihadapi adalah adalah kesulitan dalam menyeleksi tema.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

renjana

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Renjana Pendidikan Dasar merupakan wadah publikasi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup model pembelajaran pendidikan dasar, evaluasi pembelajaran pada pendidikan dasar, strategi pembelajaran, media ...