Penelitian ini dilatarbelakangi adanya Kreativitas dalam Penerapan Project Based Learning (PJBL) pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) karena dengan adanya penerapan project based learning (PJBL) pada pembelajaran ini, peserta didik dapat menumbuhkan kreativitasnya serta menemukan hal baru dari pengetahuan dan kemampuan dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan dan dampak dari Project Based Learning (PJBL) dalam menumbuhkan kreativitas pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas IV di SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskripstif. Lokasi penelitian berada di SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda. Subjek penelitiannya adalah anak kelas IV serta guru IPAS. Uji keabsahan data dalam penelitian menggunakan triangulasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data peneliti menggunakan analisis deskriptif dengan memaparkan data tentang implementasi model project based learning pada pembelajarn IPAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran, mampu mengaitkan materi dengan konteks kehidupan nyata, serta mampu menghasilkan produk atau proyek yang menunjukkan pemahaman mendalam terhadap materi yang dipelajari. Dengan demikian, implementasi PJBL pada pembelajaran IPAS di SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda secara signifikan berkontribusi dalam meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran IPAS kelas IV.
Copyrights © 2024