JURNAL PENDIDIKAN DASAR FLOBAMORATA
Vol. 5 No. 4 (2024): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata

PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF DENGAN APLIKASI BOOK CREATOR UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI KELAS IV SD

Depra, Lola (Unknown)
Syahrial (Unknown)
Hayati, Suci (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif dengan aplikasi book creator untuk mendukung pembelajaran berdiferensiasi di sekolah dasar khususnya pada mata pelajaran IPAS kelas IV materi tumbuhan sumber kehidupan di bumi. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian dan pengembangan (R&D). Model pengembangan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang meliputi lima langkah pengembangan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Penelitian ini memanfaatkan aplikasi book creator untuk mengembangkan e-modul interaktif. Tingkat validitas e-modul interaktif memperoleh skor rata-rata 4,8 untuk tingkat validitas materi, 4,8 untuk tingkat validitas media, dan 4,5 untuk tingkat validitas bahasa. Skor rata-rata tingkat validitas keseluruhan adalah 4,7. Mengacu pada tabel interval skor validitas, skor validitas tergolong dalam kategori "sangat valid". Tingkat kepraktisan e-modul interaktif memperoleh skor rata-rata 5 dari pendidik, skor rata-rata 4,75 dari siswa pada uji coba kelompok kecil, dan skor rata-rata 4,77 dari siswa pada uji coba kelompok besar. Skor rata-rata keseluruhan untuk kepraktisan adalah 4,84. Mengacu pada tabel interval skor kepraktisan, skor tersebut tergolong dalam kategori "sangat praktis".

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpdf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...