Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 6 No. 2 (2024): Badaa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa PGSD Berdasarkan Tipe-tipe Kesalahan Fong

Hikmah Ramdhani Putri (Unknown)
Iva Nurmawanti (Unknown)
Vivi Rachmatul Hidayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa PGSD dalam menyelesaiakan soal pemecahan masalah matematika berdasarkan fong’s schematic model for error analysis. Kemampuan ini akan dideskripsikan melalui tipe-tipe kesalahan yang dikemukakan oleh Fong. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan peneliti sebagai instrument utama dan instrument tes soal cerita matematika sebagai instrument pendukungnya. Data yang dari penelitian ini yaitu data hasil pekerjaan secara tertulis dari 60 mahasiswa PGSD semester 1 dalam menyelesaikan soal cerita matematika dengan konteks kehidupan sehari-hari, dan data wawancara dari 12 subjek penelitian yang mewakili masing-masing tipe kesalahan Fong. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa tipe kesalahan yang dominan dilakukan oleh mahasiswa pada konten materi bilangan dan aljabar adalah prosedur yang tidak relevan (E2) dan skema tidak lengkap dengan kesalahan (E4). Adapun hal-hal yang menyebabkan mahasiswa melakukan kesalahan yaitu karena mahasiswa tidak memahami soal, salah dalam menentukan operasi hitung, dan salah dalam melakukan perhitungan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

badaa

Publisher

Subject

Education Other

Description

Badaa: Jurnal Pendidikan Dasar terbit sebagai sarana publikasi hasil pemikiran kritis dan ilmiah bagi semua kalangan dalam lingkup pendidikan dasar yang berisi gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis serta hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah dasar. ...