Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Vol 4, No 1 (2024): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

PENGARUH SMARTPHONE ADDICTION TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Sanatang, Sanatang (Unknown)
Syamsidah, Syamsidah (Unknown)
Syafaa, Sitti Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh smartphone addiction terhadap motivasi belajar mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif program studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar angkatan 2020-2022 yang berjumlah 100 orang yang diambil menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Data smartphone addiction dan motivasi belajar dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul, kemudian dianalisis secara kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai signifikansi koefisien korelasi sebesar 0.006 < 0.05, dan nilai rhitung = -0.271, dapat disimpulkan bahwa smartphone addiction berpengaruh negatif dan signifikan terhadap motivasi belajar. Dengan nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,074 dapat diartikan bahwa smartphone addiction berpengaruh sebesar 7,4% terhadap penurunan motivasi belajar mahasiswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

progresif

Publisher

Subject

Education Other

Description

urnal Pendidikan dan Profesi Keguruan menerbitkan naskah hasil penelitian dan review literatur dalam bidang ilmu pendidikan, profesi keguruan, dan pembelajaran teknologi dan ...