ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 2 (2024): ELIPS, September 2024

PENERAPAN PENDEKATAN STEM DENGAN MEDIA MAGNETIC CUBE DAN STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Rahma, Rahma (Unknown)
Nasir, A. Muhajir (Unknown)
Syamsuriyawati, Syamsuriyawati (Unknown)
Marsuki, Andika (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2024

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (Quasi Experimen) dengan desain penelitian nonequivalent control group design yang bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan nilai siswa pada kelas kontrol dan eksperimen, 2) Perbedaan nilai pre-test dan posttest siswa, dan 3) Pendekatan STEM dengan media magnetic cube dan stick berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Simple Random Sampling. Dalam penelitian ini sampel yang dipilih adalah kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol di MTs. Muhammadiyah Sibatua Pangkajene. Pengumpulan data yang digunakan terdiri dari lembar observasi aktivitas pembelajaran siswa dan tes hasil belajar siswa yang telah divalidasi oleh ahli. Data penelitian ini menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji anava dua jalur. Hasil uji hipotesis penelitian menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 . Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada perbedaan nilai siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, (2) Ada perbedaan nilai pre-test dan post-test siswa, (3) Ada pengaruh pendekatan STEM dengan media magnetic cube dan stick terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ELIPS

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Elips: Jurnal Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) Pengamat ...