Hortatori : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 8, No 2 (2024): Hortatori: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Tindak Tutur Direktif pada Vidoe Animasi di Chanel Youtobe NussaOfficial Episode “Maaf” part 1

Fatyimah, Wiwit Nur (Unknown)
Suparmin, Suparmin (Unknown)
Sudiatmi, Titik (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemakaian tindak tutur direktif dalam percakapan video animasi pada akun media sosial chanel youtube NussaOfficial Episode “Maaf” part 1. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, untuk memberi gambaran yang mendalam mengenai fenomena yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu teknik dokumentasi dan teknik catat, validitas data diupayakan melalui triangulasi. Analisis data yang dipakai yaitu pragmatik dengan  model interaktif untuk mengungkapkan makna dan konteks komunikasi. Penelitian ini mengungkapkan penggunaan tindak tutur direktif dalam video animasi 'Maaf Part 1' di NussaOfficial, menunjukkan efektivitas komunikasi. Oleh karena itu, data yang diperoleh penulis akan dijelaskan secara rinci dalam artikel ini. Alasan pemilihan ini karena penggunaan tindak tutur direktif penting agar tuturan yang baik dapat menjelaskan fungsi dan bentuk tindak tutur direktif. Dengan demikian, diperoleh data tentang penggunaan tindak tuturan direktif dalam kajian pragmatik. Hasil yang ditunjukkan dalam penelitian terdapat 24 data yang diantaranya yaitu 6 tindak tutur direktif perintah, 4 tindak tutur direktif permintaan, 3 tindak tutur direktif ajakkan, 4 tindak tutur direktif  larangan, 4 tindak tutur direktif  kritik, dan 3 tindak tutur direktif nasihat. Tindak tutur ini digunakan untuk menyampaikan pesan moral dan nilai-nilai kehidupanKata Kunci: Tindak tutur, Direktif, Video Animasi, Youtobe, NussaOfficial

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

hortatori

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Hortatori: Journal of Language Studies is a journal aims to be a peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish scientific works from national and international lecturers, researchers, students, and practitioners to present their new ideas, concepts and theories in ...