D'edukasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 4 No. 2 (2024)

PENINGKATAN KETERAMPILAN LITERASI DIGITAL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS 7 MTSN KOTA MADIUN

Wibawa, Ramadhan Prasetya (Unknown)
Ersin Indraningrum (Unknown)
Umi Ma’rifah (Unknown)
Syukur Nur Widhiyah (Unknown)
Aliffya Nori Nur Qolbu Janah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi di era globalisasi saat ini memberikan dampak yang sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Perkembangan saat ini menuntut dunia pendidikan untuk senantiasa beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang ada untuk meningkatkan mutu dalam pendidikan. Salah satu dari sekian banyak aplikasi teknologi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah dan mengajar adalah canva, sebuah desain online yang menawarkan berbagai jenis media pembelajaran seperti presentasi, logo, brosur, id card, banner, sertifikat dan lain-lain. Tujuan diadakannya pelatihan Canva berbasis Project Based Learning ini yaitu agar generasi muda mampu  menghasilkan karya desain kreatif yang dibuat berdasarkan permasalahan disekitar sekolah berdasarkan materi pelajaran. Dalam pelatihan ini metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode persuasif dilakukan secara bertahap, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan berjalan dengan lancar serta setiap kelompok dapat mengikuti  kegiatan sampai akhir. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu dan menjadikan siswa kreatif dalam mendesain dengan aplikasi Canva.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dedukasi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Fokus dan ruang lingkup jurnal ini yaitu kegiatan hasil pengabdian masyarakat pada bidang pendidikan, akuntansi, ekonomi, dan kewirausahaan.Harapan dari terbitnya jurnal ini adalah untuk menampung dan menyebarluaskan informasi mengenai hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang memberikan solusi atas ...