Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum mampunya siswa dalam menulis teks prosedur dengan baik dan benar. Hal tersebut dikarenakan kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan oleh guru ketika kegiatan menulis serta media yang digunakan kurang menarik sehingga siswa kurang menyukai pembelajaran menulis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbantuan youtobe terhadap kemampuan menulis teks prosedur. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitif dengan one-group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data dengan pemberian tugas menulis teks prosedur dan dokumentasi. Populasi sekaligus sampel total dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V di UPT SPF SDN 106168 Desa Deli Tua sebanyak 20 siswa. Secara keseluruhan penggunaan model pembelajaran model think talk write berbantuan youtobe siswa kelas V SD memiliki pengaruh yang positif. Hal tesebut dapat dilihat dari hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji paired sample t-test nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari signifikan 0,05 (0,000 < 0,05), sehingga hipotesis (????1) diterima.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024