Pembelajaran statistika di sekolah dasar yang cenderung konvensional dapat mengakibatkan siswa kurang memahami konsep pengumpulan dan penyajian data. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dapat dilakukan dengan mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKPD) pada mata pelajaran statistika berbasis pendekatan Realistics Mathematics Education (RME). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas penggunaan LKPD berbasis Realistics Mathematics Education (RME) dalam meningkatkan hasil belajar statistika siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan model one group pretest-posttest. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VI SD Al-Irsyad dengan menggunakan instrumen penelitian yang terdiri dari wawancara, angket, dan tes yang meliputi pretest dan posttest. Berdasarkan hasil pretest diperoleh nilai rata-rata sebesar 50,83. Sedangkan hasil posttest meningkat menjadi 86,67. Perhitungan N-Gain menunjukkan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa mencapai 0,728 yang termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase ketuntasan 91,67%. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis Pendidikan Matematika Realistik (RME) efektif dalam meningkatkan pemahaman matematika siswa.
Copyrights © 2024