Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan
Vol 12 No 3 (2024)

Peran Mahasiswa PBSI dalam Menerapkan Nilai Spiritualitas sebagai Hidden Curriculum

Wahyuni, Putri Intan (Unknown)
Zahwatunissa, Zahwatunissa (Unknown)
Hindun, Hindun (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

APenelitian ini menganalisis peran mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta dalam menerapkan nilai spiritualitas sebagai hidden curriculum melalui pembiasaan membaca ayat-ayat pendek Al-Qur'an sebelum perkuliahan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan melibatkan wawancara terhadap empat mahasiswa dari latar belakang pendidikan yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang pendidikan mahasiswa berpengaruh signifikan terhadap penerimaan dan adaptasi mereka terhadap praktik ini. Mahasiswa dari lembaga pendidikan berbasis agama, seperti Madrasah Aliyah dan pesantren, lebih mudah beradaptasi daripada sekolah umum. Pembiasaan ini tidak hanya meningkatkan kedisiplinan, tetapi juga memperkuat pemahaman spiritual mahasiswa, yang pada gilirannya mendukung pengembangan karakter religius mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

PKWU

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

The Journal of Education and Entrepreneurship is a place for scientific publications that publishes research articles from a variety of research methods both quantitative, qualitative, development and mix methods related to the study of economics, entrepreneurship, and ...