Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol. 12 No. 2 (2024)

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DRAMA DENGAN TEKNIK PEMODELAN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 MADIUN

Sari, Novi Puspita (Unknown)
Cahyono, Bambang Eko Hari (Unknown)
Sriatin (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan kemampuan menulis teks drama siswa kelas XI SMA Negeri 1 Madiun menggunakan teknik pemodelan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa teknik pemodelan dapat meningkatkan kemampuan menulis teks drama siswa kelas XI SMA Negeri 1 Madiun. Siklus pertama nilai rata-rata siswa 72,4 dari kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran 75. Selanjutnya, dilaksanakan tindakan siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 79,8. Maka dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas menggunakan teknik pemodelan telah berhasil meningkatkan kemampuan menulis teks drama pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Madiun.

Copyrights © 2024